Ormawa FH UB Sampaikan Pernyataan Sikap Terhadap Kondisi Demokrasi Saat Ini

0
Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

MALANG-KAV.10 Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FH UB yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB) menggelar pernyataan sikap pada Sabtu (3/2). Bertajuk “Pernyataan Sikap Terkait Nasib Demokrasi di Akhir Rezim Jokowi”, mereka menyampaikan keprihatinan atas kondisi demokrasi di Indonesia saat ini. Pernyataan sikap tersebut dibacakan di Lobby Gedung B FH UB.

Dalam press release yang dibacakan, mereka menyoroti tindakan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa presiden boleh berkampanye dan memihak kepada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. Hal ini dianggap menunjukkan bahwa Presiden Joko Widodo telah kehilangan nilai etika dan moral. Selanjutnya, mereka juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo seharusnya bersikap layaknya negarawan dan tidak memberikan keberpihakan.

Selain itu, mereka juga menyampaikan enam poin pernyataan sikap yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya berbunyi “Mengutuk segala tindakan Presiden Joko Widodo yang didasarkan atas kepentingan pribadi dengan menggunakan alat serta sumber daya negara untuk melanggengkan kekuasaannya,” tulis press release tersebut.

Lebih lanjut, Azka Rasyad Alfadi selaku Wakil Presiden BEM FH UB menjelaskan bahwa permasalahan demokrasi saat ini tidak hanya terletak pada Presiden Joko Widodo, melainkan juga pada jajarannya. “Bagaimana kabinet, isi kabinet, partai politik pengusung paslon tertentu yang justru menggunakan alat-alat negara untuk mempersiapkan, memenangkan salah satu paslon,” ujar Azka.

Azka turut menambahkan bahwa pernyataan sikap yang dilakukan oleh Ormawa FH UB ini juga ditujukan sebagai pemantik sivitas akademika lainnya. “Jadi sudah waktunya FH ini bersikap sekaligus memantik kepada fakultas-fakultas yang ada di Universitas Brawijaya maupun yang ada di Jawa Timur khususnya, untuk tergerak menyatakan sikap,” pungkasnya.

Penulis: Dimas Candra Pradana

Editor: Adila Amanda 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.