MINIM SOSIALISASI, PLATFORM ECLIS FH MINIM AKSES

0

MALANG-KAV.10 Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya memfasilitasi seluruh civitas akademika FH sebuah platform bernama eCLIS yang dapat diakses secara gratis. Sayangnya, platform yang telah digaungkan sejak 2021 ini belum digunakan secara masif karena sosialisasi yang masih minim.

eCLIS menjadi program yang diharapkan mampu memudahkan dan memfasilitasi civitas akademika FH dalam mencari, menelusuri, dan menganalisis peraturan perundang-undangan di Indonesia. Kepala Pusat Dokumentasi dan Ilmu Hukum (PDIH), Patricia Audrey Ruslijanto, menuturkan bahwa setiap tahun telah diadakan agenda sosialisasi untuk memperkenalkan eCLIS.

Meskipun berdasarkan hasil evaluasi tiap akhir tahun penggunaan eCLIS mengalami kenaikan, tidak menepis jika masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui keberadaan program tersebut. “Pada saat akan sosialisasi (eCLIS, red.), fasilitasnya kurang memadai. Kemarin waktu sosialisasi, sedikit yang datang. Hanya 20-30an dari total ratusan mahasiswa baru,” terang Alvin, salah satu pegawai PDIH pada Selasa (21/10). Lebih lanjut, Alvin menjelaskan bahwa selama ini sosialisasi hanya mengandalkan Instagram dan pamflet, sehingga akses dari PDIH untuk memberikan informasi mengenai eCLIS cukup terbatas. 

eClis sendiri terus melakukan inovasi seiring berjalannya waktu guna mempermudah penggunanya. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah mempermudah akses masuk, khususnya untuk fakultas atau kampus  yang berlangganan. “Sebelumnya ada keterbatasan pada jaringan. Tetapi di bulan September kemarin ada pelatihan dari eCLIS dan sudah diperbaiki, sehingga mempermudah mahasiswa (untuk mengakses, red.). Tinggal klik logo Universitas Brawijaya,” jelas Alvin.

Jika dibandingkan dengan salah satu platform sejenis, yakni HukumOnline yang lebih banyak diakses, Alvin menuturkan konten yang ditawarkan eCLIS kepada pelanggannya lebih lengkap. Dijelaskan lebih lanjut, cara log-in eCLIS lebih mudah jika dibandingkan dengan HukumOnline yang hanya terbatas pada jaringan UB saja. Hanya dengan email dan password SIAM mahasiswa FH, maka dapat langsung mengakses eCLIS di manapun dan kapanpun.

Penulis: Jihan Nabilah Yusmi dan Muhammad Hafizh Alfikri (Angma)
Editor: Adila Amanda 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.