Resmi Berdiri sejak Desember 2021, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Siap Beroperasi Secara Bertahap

0
Tampak depan kampus UB. Foto: Kavling 10

MALANG-KAV.10 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) telah diresmikan sejak dikeluarkannya Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 93 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unsur yang Berada di Bawah Rektor pada tanggal 28 Desember 2021. Setelah pelantikan dekan dan jajaran FIKES dilaksanakan pada 3 Januari 2022 lalu, fakultas baru ini siap beroperasi secara bertahap.

Sebelum Universitas Brawijaya beralih status menjadi PTN-BH, usulan pendirian fakultas baru ini sudah disusun matang-matang oleh Tim Ad Hoc Pembentuk Fakultas Baru sejak Januari 2020. Sementara ini, terdapat lima program studi yang siap bernaung di bawah FIKES, yaitu Prodi Sarjana Keperawatan, Prodi Sarjana Gizi, Prodi Magister Keperawatan, Prodi Profesi Ners, dan Prodi Profesi Dietisien.

“Kedepannya, (kami berharap, red) segera dibuka Prodi Magister Gizi spesialisasi bidang keperawatan, (serta, red) Prodi Doktoral Bidang Kesehatan, (dengan spesialisasi bidang, red) keperawatan dan gizi,” jelas Wakil Dekan 3 FIKES, Inggita Kusumastuty, S.Gz., M.Biomed saat dihubungi melalui WhatsApp, Rabu (19/01).

Beliau menerangkan alasan utama didirikannya fakultas ini agar mengurangi beban kerja FK yang sangat besar karena sebelumnya menaungi enam departemen dengan 33 program studi dan untuk memberikan ruang pengembangan yang lebih baik bagi departemen keperawatan dan gizi.

“Dengan adanya fakultas baru ini, harapannya FIKES mampu mendorong pemenuhan tenaga kerja kesehatan bidang keperawatan dan gizi yang berkualitas, serta mendorong penataan internal lembaga, seperti kepegawaian, keuangan, dan akademik yang lebih kondusif dan fokus terhadap pengembangan masing-masing departemen,” ujar beliau yang juga berharap FIKES mampu bersaing di tingkat internasional.

Mengenai gedung operasional, FIKES berencana membangun gedung di antara gedung Keperawatan dan Vokasi yang terletak di kampus UB Dieng. Peruntukannya adalah ruang bagi dekanat, tempat perkuliahan Departemen Gizi, laboratorium terpadu FIKES, dan tempat perkuliahan Pascasarjana dan Program Pendidikan Spesialisasi Profesi Departemen Keperawatan dan Gizi.

Pembangunan gedung akan dimulai tahun ini dan diperkirakan selesai pada 2023 mendatang. Selama masa pembangunan belum berakhir, gedung dekanat dan administrasi fakultas akan menggunakan Gedung Graha Medika FK UB yang berada di UB Veteran. Sementara gedung perkuliahan keperawatan akan tetap menggunakan gedung departemen keperawatan yang telah ada di kampus UB Dieng.

Terbukanya fakultas baru ini, tidak serta-merta menaikkan kuota penerimaan mahasiswa baru pada periode mendatang karena masih mempertimbangkan sarana, prasarana, dan SDM dari FIKES sendiri. “Kami masih mengacu pada kuota penerimaan (mahasiswa, red) tahun sebelumnya,” tutup Inggita.

Penulis: Saiva Qotrunnada
Kontributor: Della Amanda Putri (anggota magang)
Editor: Alifiah Nurul Izzah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.