Fasilitas Toilet Minim, Maba Antri

0

MALANG-KAV.10 Antrian panjang terjadi di sebelah gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Pertamina Universitas Brawijaya. Puluhan Maba yang ingin buang air kecil ini terpaksa mengantri di luar gedung untuk menggunakan fasilitas tambahan dari panitia PK2MU Brawijaya. Fasilitas tambahan berupa toilet umum ini hanya ada satu bak kontainer. Terdapat dua pintu di depan, dua kaca jendela kecil di depan dan enam di belakang.

Maharani seorang mahasiswa baru (Maba) Kedokteran yang turut menggunakan fasilitas ini menuturkan, toilet umum yang disediakan cukup baik. “Toiletnya cukup baik. Ada empat bilik di dalamnya,” tutur Maharani. “Hanya saja agak jorok di dalam,” tambahnya.

Denaya, salah satu Maba Pertanian turut menjelaskan, air yang tersedia mencukupi untuk kebutuhan buang air kecil. Hanya saja karena banyak air menggenang di dalam bilik mengurangi rasa nyaman para Maba yang menggunakannya. “Air yang ada memang cukup. Hanya saja karena banyak air yang menggenang kami harus buang air di atas kloset,”ujar Denaya.

Puluhan Maba ini terpaksa dialihkan ke Toilet Umum Dinas Kebersihan Kota Malang dikarenakan penggunaan toilet di dalam gedung baik Samantha Krida dan GOR Pertamina sudah tidak memungkinkan. “Toilet di dalam gedung sudah penuh, makanya kami dialihkan ke toilet umum, ” jelas Eka, salah satu Maba Kedokteran.

Antrian panjang ini terus berjalan sepanjang acara berlangsung. Maba putera dan puteri bergantian mengantri untuk menggunakan toilet umum yang hanya terdapat empat bilik. Pengawasan dilakukan oleh seorang panitia puteri di koridor toilet dan beberapa paniltia lain mengkondisikan Maba di luar toilet. (ANL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.