Banyak Maba sakit,fasilitas tidak memadai

0

MALANG KAV.10.Pada hari pertama Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA)  rabu (3/9) lalu belasan Maba Fakultas peternakan (Fapet)  tumbang ketika mengikuti upacara. Begitu juga hari ini Kamis (4/9) .Menurut ketua pelaksana Priya Hidayanto ”Maba banyak yang pingsan diantara pukul 05.00-06.00”ujarnya.

Sayangnya, Hal tersebut kurang didukung oleh fasilitas kesehatan yang memadai. Rizki Bagus  selaku koordinator kesehatan mengaku masih mengandalkan bantuan dari Lembaga kesehatan mahasiswa (Lakesma)  dan Korp Sukarela (KSR) .Namun Lakesma dan KSR belum terlihat di lapangan sejak pukul 05.00-06.00 waktu dimana Maba banyak yang pingsan dan jatuh sakit sehingga membuat bagian kesehatan kualahan . “Kami panitia yang berjumlah tiga belas orang di rasa masih sangat kurang. Bukan hanya itu ,mayoritas bagian kesehatan juga tidak bisa secara teknis menangani  maupun mengobati. Ketersediaan tandu pun sangat terbatas . Maba yang ada berjumlah ratusan , sedangkan ketersediaan tandu dari kemarin hingga hari ini hanya satu buah. Itu juga pinjaman dari KSR,” ujar mahasiswa angkatan 2012 tersebut.

Dian Fitri salah satu anggota KSR bahwa mengaku di setiap fakultas hanya di tempatkan dua orang petugas dan di sediakan satu hingga dua buah tandu. “ Menurut surat tugas yang kami terima, memang kami bertugas mulai pukul enam pagi. Memang hanya disediakan satu sampai dua buah tandu saja di tiap fakultasnya,” ujar Dian.

Pihak panitia memang belum mempersiapkan peralatan kesehatan  yang memadai.Untuk obat Rizki mengaku mendapat list dari KSR dan itu yang akan di sediakan oleh panitia.

 

Penyebab maba yang jatuh sakit tersebut sebagian besar disebabkan oleh padatnya jadwal PK2MABA yang terlalu padat.  Nur Indah salah satu maba fapet menuturkan bahwa  acara PK2maba tersebut di mulai terlalu pagi dan selesai hingga sore hari sehingga maba terlalu lelah “Kalau pagi kami tidak sempat makan,sedangkan jadwal berakhir  pada sore hari,setelah itu kami terlalu capek dan langsung tidur”Keluh Nur indah salah satu Maba Fapet penderita penyakit maag.Namun menurut Hanif yang juga salah satu Maba yang  yang berada di ruang kesehatan mengaku “Pelayanan bagian kesehatan sudah sangat baik”Menurutnya.(Oki/ang)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.