Menelisik Bisnis Tanaman Anthurium Yang Menjanjikan

0

Foto. Budidaya anthurium di kota Batu (foto oleh Ghifar)

Foto. Budidaya anthurium di kota Batu (foto oleh Ghifar)
Foto. Budidaya anthurium di kota Batu
(foto oleh Ghifar)

MALANG – KAV.10 Bisnis tanaman hias anthurium selain dapat menghias perkarangan rumah, ternyata tanaman hias anthurium juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan seorang pengusaha yang ditemui pada hari Rabu (18/12) di Jalan Indragiri Gg. 31 kota Batu yang membudidayakan dan menjual tanaman hias anthurium.

Bambang Trisoenoe, yang sudah menjalankan bisnis tanaman hias anthurium selama 6 tahun yang ditemani seorang anaknya bernama Ade Swandana ketika dibincangi oleh staf magang Kavling 10 mengatakan, selalu bisa mendapatkan keuntungan dari tanaman hias anthurium ini. Untuk satu bunga anthurium dijual dengan harga Rp. 1000,-. Para pelanggan yang datang rata-rata berasal dari pelanggan tetap, perhotelan, dan pernikahan. Para pelanggan biasa memesan 800-1500 bunga anthurium untuk sekali pesanan. “Biasanya paling banyak pesanan bunga pada saat musim pernikahan,” ujar Ade.

Untuk membudidayakan tanaman hias anthurium dapat dilakukan dengan 2 cara, yang pertama menggunakan biji dan kedua dengan stek. Menanam anthenium yang baik memerlukan media tanam pot tanah. “Kami biasa menanam tanaman anthurium menggunakan tanah yang telah dicampur sekam padi yang dibakar,” papar Ade. Pemeliharaan dan perawatan tanaman hias anthurium dapat dilakukan dengan cara penyiraman, pemupukan, dan membersihkan daun yang menguning.

Menurut Ade kesulitan berbisnis tanaman hias anthurium ada dibudidaya tanamannya. Dikarenakan bibit yang dihasilkan tidak 100% akan menjadi tanaman hias anthurium yang siap dipanen. “Budidaya tanaman antherium bisa dilakukan dimana saja, asal bunga anthurium tidak boleh terkena sinar matahari langsung,” ucapnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.